Lanjut ke konten

REVIEW NEWBIE : Tes Terbang DJI PHANTOM 2 VISION+

10929940_10152802539334261_8347549310354653895_n

Seperti yang sudah gue janjikan di blog sebelumnya dimana gue akan coba tes terbang dengan mainan baru yang baru aja gue beli, DJI PHANTOM 2 VISION+. Di tulisan kali ini gue akan coba menceritakan pengalaman gue sebagai seorang newbie dalam nerbangin drone yang paling laku di dunia ini.

Sengaja bangun pagi untuk nerbangin si DJI Phantom 2 Vision+ ini di hari Sabtu lalu. Ini adalah hari pertama gue akan coba nerbangin setelah menonton berpuluh-puluh tutorial di Youtube, sehingga gue memilih tempat terbang di komplek aja dimana masih ada sisa kavling dari tanah yang belum dibangun. Sehingga aman untuk mulai belajar nerbangin karena di ruang terbuka dan jauh dari keramaian orang, yang penting harus #FLYSAVE sesuai anjuran suhu-suhu di Youtube. Semalan sebelumnya gue sudah charge batere si Phantom sampai full sehingga sudah siap terbang.

Hal pertama yang gue lakukan sesuai instruksi adalah kalibrasi kompas si DJI sampai beres. Pastiin hal ini sudah dilakukan biar terbang lancar tanpa ada kendala flyaway. Setelah itu tahap yang paling penting adalah pastikan si DJI sudah LOCK GPS-nya dengan minimal diatas 7 satelite yang bisa kita liat di DJI VISION APP yang bisa kita download di Android atau IOS. Setelah itu tinggal nyalain deh lewat controlernya dan merekam videonya via DJI APP.

Karena kali ini gue ajak anjing Chihuahua gue, ternyata dia agak gemes denger bunyi propeler dari si DJI dan terus gonggong, hal ini sempet bikin gue ketawa karena sepertinya dia gemes banget untuk nyamperin si DJI yang udah siap terbang. Naikin sedikit raungan bunyi motor dan propeler makin kedengeran keras. Anjing Chihuahual umur 5 tahun gue yang bernama Chess ini pun semakin gemes. So, dengan isengnya gue sempet ambil foto dia sebelum naik lebih jauh lagi. Coba aja tengok fotonya dibawah ini 😛

10801742_10152806694389261_3018900178644918462_n

Sedikit demi sedikit DJi semakin tinggi dan gue bisa liat langsung view dari kameranya lewat DJI VISION APP yang di attach di controller si DJI. Pelajari dulu gerakan kaya putar kiri kanan, hover kiri dan kanan sebelum terlalu tinggi untuk mengetes semua fungsi berjalan dengan baik. Setelah itu gue naikin lagi ketinggiannya dan sedikit ambil foto dari atas. Sensasinya luar biasa dan sangat mudah di kendalikan untuk newbie seperti gue ini. Gue terkesima dengan apa yang bisa dilakukan si Phantom, bisa dibilang kali ini gue bisa liat sendiri suasana sekitar rumah dari atas secara langsung.

DCIM100MEDIA

Sedikit lebih menjauh ke komplek rumah sebelah sebagai tahap awal untuk belajar nyetir di Phantom dengan mulus dan stabil untuk pengambilan gambar. Agak sedikit takut kejadian FLYAWAY yang banyak gue liat di Youtube, dimana si Phantom terbang sendirinya ke arah yang kita ga tau, karena untuk tahap awal ya gue ga mau terlalu extrim menempuh jarak jauh karena masih dalam kondisi belajar. Seperti yang dari awal gue niatin adalah gue mau biasain alias ngelancarin dulu gimana cara menyetir si Phantom ini sampai lancar baru setelah itu sedikit lebih extrim lagi jaraknya.

Setelah muter-muter untuk pembiasaan diri, sekitar 20-25 menit akhirnya alarm low battery pun nyala di DJI VISION APP yang ada di Android gue, ini menandakan harus segera turun, tapi ada fitur FAILSAFE dimana di Phantom akan kembali ke koordinat GPS pertama take off secara otomatis jika diperlukan, gak mau ambil resiko so perlahan-lahan gue ajak si Phantom turun dan akhirnya mendarat dengan sempurna di tanah.

Untuk penerbangan pertama sejauh ini overall sangat lancar, not bad for a newbie. Untuk videonya bisa dilihat di link youtube dibawah ini. So in Love with my new toy!

PATIPERKASA.COM Lihat Semua

Blogging for fun, Radio Trainer, Fulltime husband, loves motorcycle, goalkeeper, street photographer, Basketballer, MotoGP Freak and Arsenal Gooner. contact : pati.perkasa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: